Headline

ADVOKAT SENIOR: MEMPERJUANGKAN SYARIAT ISLAM ADALAH HAK KONSTITUSIONAL


Dr. H. Eggi Sudjana S.H., M.Si menegaskan bahwa perjuangan penegakan syariat Islam harus dijadikan agenda bersama umat. Basis argumentasi perjuangan syariat Islam jelas memiliki legitimasi hukum, bahkan konstitusi yang menjaminnya.
“Sila pertama Pancasila menyatakan negara berdasarkan ketuhanan Yang maha esa. Mukaddimah konstitusi menyatakan kemerdekaan diperoleh atas rahmat Allah SWT. Karenanya, menjadi hak konstitusional umat Islam yang menginginkan penerapan syariat Islam karena konstitusi didasarkan atas rahmat Allah SWT, tuhan seru sekalian alam yang menurunkan syariat Islam sebagai rahmat bagi semesta alam” tegas Bang Egi.
Karenanya masih menurut Bang Egi, penting untuk membentuk klinik-klinik hukum untuk menyadarkan rakyat atas hak konstitusionalnya, agar tidak terjadi penindasan penguasa terhadap rakyat.
“Memperjuangkan syariat Islam adalah hak konstitusional setiap warga negara. Karenanya, tokoh pendiri bangsa ini seperti KH Bagus Hadikusumo, telah menjadikan syariat Islam sebagai Spirit dan visi perjuangannya.” Tambahnya.
Pernyataan Bang Egi Sudjana, selaku advokat senior ini disampaikan pada agenda diskusi yang diadakan pada Ahad, 19 Agustus 2018, yang diselenggarakan oleh LBH Pelita Umat dalam acara ILF (Islamic Lawyers Forum) dengan tajuk “Eksploitasi Hukum dan Politisasi Islam di Tahun Politik, Sebuah Ancaman?“.
Dalam agenda Islamic Lawyers Forum ini, hadir Pembicara dari tokoh-tokoh nasional dan ulama, yaitu Dr. H. Eggi Sudjana.,SH.,MSi (Advokat Senior), Azam Khan.,SH. (Advokat, aktivis pergerakan), Ustdz Novel Bamukmin.,SH. (Jubir PA 212), KH. Ilyasa HI Wijaya (PP Al Mukhlisin Mojokerto) dan Chandra Purna Irawan.,SH.,MH. (Sekjen LBH Pelita Umat).