Headline

NEGARA HARUS HADIR MELINDUNGI HAK KONSTITUSIONAL UST ABDUL SHOMAD



JAKARTA – Direktur Divisi Pembelaan Umum LBH PELITA UMAT, Ricky Fattamazaya Munthe, SH MH meminta negara melalui aparat penegak hukum untuk hadir dan memberikan jaminan keamanan dan rasa aman kepada Ust Abdul Shomad yang akan melaksanakan aktivitas dakwah di Jepara. Dakwah adalah ibadah yang telah dijamin konstitusi, sebagaimana ditegaskan dalam pasal 28 E ayat (2) UUD 45.
“Negara harus hadir, tidak boleh ada sekelompok kecil masyarakat mengatasnamakan pribadi atau ormas melakukan persekusi terhadap ulama, menghalangi dakwah Islam, ini tidak boleh terjadi” terang Ricky.
Ricky menambahkan bahwa seharusnya negara menjamin keamanan dan rasa aman bagi semua ulama untuk menjalankan ibadah melalui aktivitas dakwah Islam. Jika negara melakukan Pembiaran, berarti negara secara pasif telah melanggar konstitusi.
Sebelumnya, pada Jumat (31/8) LBH PELITA UMAT memberikan pernyataan hukum bertema “BELA UST ABDUL SHOMAD, TOLAK INTOLERANSI DAN RADIKALISME BERDALIH PANCASILA & NKRI”.
Dalam salah satu pernyataannya, LBH PELITA UMAT menghimbau kepada segenap advokat, praktisi hukum, aktivis lembaga bantuan hukum, para ulama, habaib, aktivis islam, dan umat Islam seluruhnya, untuk saling menjaga dan melindungi ulama umat Islam, symbol kemuliaan umat, lentera yang memberi cahaya terang sebagai petunjuk terang, wabil khusus kepada Al Mukarom Ustd. Abdul Shomad.