Headline

Legal Training Lanjutan LBH Pelita Umat Sidoarjo : "Upaya Mencetak Pejuang Pembela Islam Terpercaya Yang Paham Hukum"


Sidoarjo, 9 - 10 Maret 2019. Bertempat disalah satu hotel di Sidoarjo diadakan pembekalan sekaligus pengukuhan keanggotaan LBH Pelita Umat Sidoarjo. Acara selama 2 hari ini merupakan "Legal Training Lanjutan", angkatan pertama LBH Pelita Umat Sidoarjo. Angkatan pertama "Legal Training Lanjutan" LBH Pelita Umat Sidoarjo ini diikuti 55 peserta.

Dalam pengantarnya, Bang DH Priyanto selaku koordinator Cabang menyampaikan apresiasi ke seluruh peserta atas keistiqomah dan keseriusnya selama mengikuti rangkaian jenjang pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh LBH Pelita Umat Sidoarjo.

Beliau juga menjelaskan, bagi siapa saja yang ingin bergabung dengan LBH Pelita Umat Sidoarjo wajib mengikuti serangkaian jenjang Pendidikan dan Pelatihan.

Jenjang pendidikan dasar terbagi dalam 5 tahapan, dan dilanjutkan dengan 2 tahap training.
Jenjang pendidikan & pelatihan dimulai dengan Diklat Dasar Kesatu. Pada diklat dasar ini peserta akan dibekali dengan pemahaman tentang "konstruksi bernegara di Indonesia".

Selanjutnya pada Diklat Dasar Kedua, peserta dibekali dengan "komparasi beberapa konstruksi bernegara yang ada dan yang pernah ada di dunia".

Pada Diklat Dasar Ketiga, diadakan pembekalan tentang "konstruksi hukum dan penerapanya di Indonesia".

Diklat Dasar Keempat dibahas tentang "komparasi konstitusi-konstitusi hukum dan penerapannya yang ada dan yang pernah ada di dunia".

Diklat Dasar ini ditutup dengan Diklat Dasar Kelima. Materi yang diberikan adalah " bekal-bekal menjadi pejuang penegak hukum".

Tahap berikutnya setelah lulus dari Diklat Dasar adalah Legal Training dan Legal Training Lanjutan.
Pada Legal Training peserta dibekali dengan "teknik-teknik menjadi pejuang penegak hukum".
Pembekalan terakhir sekaligus ujian kelulusan peserta untuk mendapatkan Kartu Keanggotaan LBH Pelita Umat Sidoarjo adalah Legal Training Lanjutan.




Bang Satyawidarma, SH, MHum, LLM sebagai Akademisi, Advocat, sekaligus Koordinator Bidang Research & Development LBH Pelita Umat Jawa Timur berpesan kepada peserta, agar menyadari bahwa profesi sebagai Legal & Paralegal adalah pejuang penegak hukum.

Legal & Paralegal bersifat "altruistik" dimana perhatian terhadap kesejahteraan/kepentingan orang lain lebih didahulukan dari pada memperhatikan diri sendiri. Inilah aturan emas etika.

Senada dengan Bang Satya, Bang DH Priyanto juga menegaskan pentingnya keikhlasan dalam beraktivitas, karena "altruistik" tanpa keikhlasan hanya berarti di dunia.

"Apalah artinya penilaian didunia, kalau itu tidak berarti apapun dihadapan Allah SWT", tegas Bang DH Priyanto yang dulu pernah bekerja sebagai investigator utama pada beberapa perusahaan Surveyor Multinasional.

Sebelum Legal Training Lanjutan ditutup, diserahkan Sertifikat Kelulusan dan disematkan ID Card Keanggotaan LBH Pelita Umat Sidoarjo secara simbolik kepada Bang Moh. Ilung Wardhana, SH., salah satu peserta Legal Training Lanjutan.

Acara ditutup oleh KH. Drs. Muhajir, Ulama & pengasuh Ponpes Mambaul Hafidzin, yang juga merupakan peserta Legal Training Lanjutan. Dalam doanya beliau memohon kepada Allah agar Ilmu yang didapat diberkahi Allah SWT & diistiqomahkan sebagai Pembela Islam Terpercaya. Aamiin (af)

No comments