Headline

Sukses! Agenda Deklarasi Bela Islam dan Ulama: Para Advokat LBH Pelita Umat Se-Jatim Satu Tekad


Pelita Umat News.- Alhamdulillah, sukses terselenggara deklarasi Bela Ulama dan Bela Islam yang dihadiri setidaknya 30 orang tim LBH Pelita Umat baik Korwil Jatim maupun Korcab yang ada di wilayah Jawa Timur di Mojokerto yang dihadiri ratusan jamaah yang simpatik mendukung acara tersebut. Para tokoh, ulama, advokat nampak yang hadir nampak antusias hadir dalam agenda.

Acara deklarasi dimulai tepat pukul 08.00 dan dibuka dengan tilawah al-Qur’an. Sambutan pertama dari perwakilan ulama yaitu Kyai Joko Santoso. Dalam sambutannya, Kyai Joko menyampaikan bahwa ulama adalah pewaris para nabi dan tugas ulama adalah berdakwah. Namun, dalam perkembangannya, beliau menyampaikan bahwa ada upaya persekusi dan kriminalisasi terhadap ulama dan ini membuat sebagian dari ulama tidak cukup berani untuk menyampaikan dakwah.

Kyai Joko juga menyampaikan, bahwa dengan hadirnya LBH Pelita Umat ini, yang konsisten dalam memberikan pendampingan dan membela para ulama, membuat Kyai Joko merasa lega dan beliau mengingatkan agar LBH Pelita Umat untuk konsisten dan ikhlas didalam membela kepentingan ulama ini. Kehadiran LBH PELITA UMAT diharapkan dapat menjadi garda terdepan advokat pembela para ulama.

Sambutan kedua, disampaikan langsung oleh Ketua DPN LBH Pelita Umat, Ahmad Khozinudin SH. Dalam sambutannya, Ahmad Khozinuddin menyampaikan beberapa poin:
1.      Bahwa para ulama itu adalah pewaris para nabi.
2.      Bahwa aktifitas yang dilakukan para ulama adalah berdakwah semata karena Allah dan untuk kemuliaan Islam.
3.      Bahwa dalam hal ini, LBH Pelita Umat sepenuhnya akan membela para ulama, wabil khusus terhadap Kiyai (abah) Heru Ilyasa atas kasus hukum yang menimpa beliau di Polres Mojokerto.
4.      Beliau meminta kepada segenap hadirin yang datang dan segenap umat Islam khususnya yang ada di Mojokerto dapat memberikan doa dan dukungan kepada Abah Heru Ilayasa.

Dilanjutkan pada sesi terakhir, yaitu pembacaan deklarasi yang langsung dipandu oleh Ketua LBH Pelita Umat Korwil Jatim. Berisi beberapa poin sikap LBH Pelita Umat membela Kyai Heru Elyasa serta sikap lembaga menghadapi situasi kekinian.

Setelah pembacaan deklarasi ini, acara ditutup dengan doa, peserta tertib dan sepanjang acara berjalan dengan khidmat. Delegasi LBH PELITA UMAT se Jatim akhirnya pamit undur, acara selesai sesuai rencana dan berjalan lancar. (Fir)


No comments