Headline

PROF. DR. SUTEKI, S.H., M.HUM LAYAK MENDAPATKAN DUKUNGAN



PROF. DR. SUTEKI, S.H., M.HUM LAYAK MENDAPATKAN DUKUNGAN

Oleh: Akmal Kamil Nasutuon, S.H [Ketua Divisi Pembelaan Umum LBH Pelita Umat]


Puluhan tahun Prof. Dr. Suteki, SH., M.Hum menjadi Dosen mata kuliah pancasila di Universitas tempatnya mengajar. Kemudian secara sepihak dituding anti pancasila, NKRI dan UUD 1945 hanya gara-gara memberikan pendapatnya secara jujur dalam kapasitasnya sebagai ahli pada sidang Judicial Review (JR) Perppu Ormas di Mahkamah Konstitusi (MK) 2017 dan sidang di PTUN Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Dalam konteks dirinya sebagai Ahli, Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum tentu menyampaikan pendapatnya berdasarkan ilmu pengetahuan yang  diasaskan kepada argumentasi ilmiah. Pendapat yang murni lahir dari kejujuran sebagai insan akademis. Pendapat yang "halal" baik dalam perspektif hukum maupun ilmu pengetahuan.

Namun sangat disayangkan pendapat Prof. Dr. Suteki, S.H.,M.Hum itu seoalah-olah dianggap tabu yang kemudian ditanggapi dengan tudingan dan pencopotan dirinya dari beberapa jabatan di FH UNDIP, tempat ia mengajar. Sudahlah "dijatuhkan" ditimpakan pula "tangga" untuknya.

Kampus sebagai "arena" kaum intelektual dan tempatnya orang-orang terdidik sepatutnya cukup menanggapi perbedaan pendapat dengan memberikan pendapat bantahan. Namun bila pendapat dibalas dengan pencopotan dari jabatan tentu hal itu berlebihan, dan bila hal itu hanya didasarkan kepada kewenangan dan tidak melalui prosedur yang benar maka dapat dikatakan itu adalah kesewenang-wenangan dan dalam bahasa agama disebut kezaliman.

Oleh karena itu Prof.Dr. Suteki. S.H, M.Hum layak kiranya mendapatkan dukungan, dan kepada para Ulama, Habaib, Tokoh dan segenap elemen umat harap kiranya mendoakan beliau agar segera mendapatkan keadilan dan jabatannya segera dikembalikan. Amin ya robbal alamin.

Wallahua'lam. []

No comments