Headline

DEMI KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA, PROSES HUKUM LANJUTAN TERHADAP USTADZ ABDUL SOMAD PERLU DIHENTIKAN


DEMI KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA, PROSES HUKUM LANJUTAN TERHADAP USTADZ ABDUL SOMAD PERLU DIHENTIKAN


Oleh: Akmal Kamil Nasution, S.H
[Divisi Pembelaan Umum LBH Pelita Umat]

Setelah KH. Heru Ilyasa Ulama karismatik Jawa Timur ditahan oleh Kejaksaan Mojokerto karena amar ma'ruf nahi mungkar melalui dunia maya yang dianggap ujaran kebencian dan/atau permusuhan kini Ustadz Abdul Somad, LC. MA dilaporkan atas dugaan tindak pidana penodaan agama.

Ceramah Ustadz Abdul Somad, LC., MA sekitar tiga tahun yang lalu di Masjid Agung An-Nur Pekan Baru-Riau kini dipersoalkan, berselang tahun kejadiannya barulah kini ada laporan sehingga Umat Islam menduga-duga ada kepentingan politik di atas laporan.

Ceramah yang yang ditujukan terhadap umat Islam itu kemudian dipersoalkan, padahal ceramah itu dalam rangka dakwah menjelaskan kedudukan nabi Isa AS dan hukum patung dalam pandangan Islam. Tidak ada niat Ustadz Abdul Somad, LC., MA untuk menodai suatu agama.

Perkara ajaran Islam berbeda dengan ajaran agama yang lain adalah wajar. Bahkan dalam qur'an dan hadits banyak yang memberikan pandangan terhadap ajaran agama lain. Namun melaporkan Ustadz Abdul Somad, LC., MA yang membahas pandangan ajaran agama Islam tentang  agama lain tentu dapat menjadi persoalan serius kedepan.

Hukum itu diciptakan untuk menjaga kedamaian dan kerukukan, bila laporan itu justru berpotensi mengusik kedamaian dan kerukunan maka proses hukum lanjutan seperti pemanggilan tidak lagi sejalan dengan tujuan hukum.

Semenjak adanya ceramah Ustadz Abdul Somad, LC., MA (kurang lebih tiga tahun yang lalu) sampai menjelang adanya laporan tidak ada kerukunan yang terusik. Namun semenjak adanya isu laporan barulah kerukunan berpotensi terusik, Umat Islam tentu tidak akan tinggal diam dan berbagai kalangan akan melakukan pembelaan. Juga tidak tertutup kemungkinan terjadinya saling lapor antar umat beragama, tentu hal ini tidak sejalan lagi dengan tujuan hukum.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kedamaian dan kerukunan antar umat beragama di negeri yang kita cintai ini alangkah arifnya proses hukum lanjutan seperti pemanggilan Ustadz Abdul Somad, LC., MA tidak lagi dilakukan.

Wallahu A'lam. []

No comments