Headline

LBH USAHID JAKARTA : KHILAFAH ITU AJARAN ISLAM, LEGAL DAN KONSTITUSIONAL




Jakarta, LBH-PU, News. Diskusi Islamic Lawyers Forum (ILF) ke-12 di Jakarta (18/8) diantaranya menghadirkan Dr. Taufiqurahman Syahuri, SH MH, Dosen HTN sekaligus aktivis LBH USAHID Jakarta. Menurutnya, mendakwahkan ajaran Islam khilafah adalah sah dan legal konstitusional.

"Khilafah itu ajaran Islam, sejak Aliyah pelajaran Bab Khilafah itu telah diajarkan. Bahkan, Sulaiman Rasyid menulis buku Fiqh Islam juga ada Bab Khilafah, jadi aneh jika khilafah dipersoalkan." Terangnya.

Dr. Taufiqurahman menegaskan, dalam konstitusi R.I. tidak ada yang menyebut khilafah bertentangan dengan UUD 1945. Menurutnya, kalau mau fair, yang banyak melanggar konstitusi itu justru Pemerintah dan DPR, buktinya banyak produk UU diuji dan dibatalkan di MK, karena bertentangan dengan UUD 1945.

"Mendakwahkan khilafah itu bukan kejahatan atau pidana, tidak ada larangan dalam konstitusi atau KUHP tentang itu. Berbeda dengan komunisme/marxisme-leninisme , TAP MPRS No. XXV/1966 dan Pasal 107 UU No 27 Tahun 1999 tentang Perubahan KUHP, tegas menyatakan mengembangkan ajaran komunisme/marxisme-leninisme dalam segala bentuk, itu ancaman dipidananya penjara 12 tahun" tutupnya.

Dalam diskusi ILF yang mengambil tema "Legalitas FPI dan Dakwah Khilafah dalam tinjauan Hukum" Hadir Nara Sumber lain yaitu : KH Ali Bayanulloh Al Hafidz, KH Awit Masyhuri, Dr. Dudung Amadung Abdullah, SH MH dan Chandra Purna Irawan, SH MH. Hadir pula sejumlah tokoh : KH Nawawi (Ketua MUI Depok), Abu Deedat (Kristolog), Azam Khan, SH (Advokat), dan Damai Hari Lubis, SH MH (Divisi Hukum PA 212).

Nampak pula puluhan peserta yang terdiri dari para tokoh, advokat, ulama, dan aktivis hukum serius menyimak diskusi. [].

No comments