Headline

REPORTASE KEGIATAN RAPAT NASIONAL ADVOKAT DAN SARJANA HUKUM MUSLIM INDONESIA TAHUN 2020

Jakarta, LBH-PU, News. Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT,  event Rapat Nasional Advokat dan Sarjana Hukum Muslim Indonesia Tahun 2020 sukses digelar. Agenda hasil kerjasama LBH pelita Umat dan KSHUMI ini suskes dengan 120 Peserta via _Zoom Meeting_ dan 1.495 kali akses Penonton pada akun Youtube LBH Pelita Umat yang disiarkan secara Live pada Kamis, 30 April 2020 pukul 09.00 s/d 11.30 WIB.

Acara ini diadakan bertolak dari peristiwa yang mendera bangsa dan keumatan, diantaranya terkait penanganan Covid-19 yang tidak menyentuh hajat umat secara fundamental, Perppu No. 1 Tahun 2020 yang rentan menimbulkan masalah baru,  pembahasan RUU Omnibus Law yang ditengarai merugikan hak-hak pekerja, pembahasan ibu kota baru ditengah pandemi Covid-19 dan kriminalisasi terhadap sejumlah aktivis muslim dan ajaran Islam Khilafah. 

Panitia menghadirkan pembicara kompeten berkelas Nasional. Prof. Suteki, SH.,M.Hum Pakar Hukum dan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang yang menyampaikan orasi dengan tema _"Menggagas Hukum Progresif sebagai sarana dan Kerangka Penegakan Sistem Pemerintahan Islam"_. 

Adapun Dr. Abdul Choir Ramadhan SH.,M.H Ahli Pidana dari HRS Centre, menyampaikan orasi dengan tema _"Kriminalisasi dan Persekusi dalam Tinjauan Hukum Pidana, sebuah Refleksi Konsepsi Negara Hukum"._ 

Hadir pula Dr. Eggi Sudjana, SH., M.Si, Aktivis Muslim dan Advokat Senior yang menyampaikan orasi dengan tema _Peluang dan Urgensitas penerapan Syariah dalam Konteks Bernegara"_ .

Tak ketinggalan, perwakilan LBH PU Bang Chandra Purna Irawan, S.H.,M.H Advokat yang juga merupakan Ketua KSHUMI Pusat menyampaikan orasi dengan tema _"Advokasi Hukum dan Politik, Sebuah Kerangka Pembelaan yang Melibatkan Umat untuk Melawan Kriminalisasi dan Persekusi"_. 

Acara dipandu dengan apik oleh bang Ahmad Khozinudin, SH selaku Ketua Umum  LBH Pelita Umat. Acara dimulai dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Akmal Kamil Nasution, SH (Ketua LBH Pelita Umat Korwil Kepri), _opening speach_ dari Bapak Wahyudi Almaroki selaku Ketua Dewan Pembina LBH Pelita Umat dan selanjutnya pemaparan materi orasi dari para pembicara dan paparan jawaban atas beberapa pertanyaan peserta yang diajukan melalui _live chat_. 

Para Pembicara dan Peserta tampak antusias mengikuti acara,  para pembicarapun tampak koor pada substansi yang sama yakni persoalan bangsa dan keummatan berakar pada tidak diterapkannya syariah dan urgensitas penerapan syariah sebagai solusi untuk negeri ini. 

Terakhir tidak lupa penyampaian pernyataan dan seruan bersama Advokat dan Sarjana Hukum Muslim yang diwakili oleh Bang Nur Rohmat, S.H  yang disimak secara khidmat oleh seluruh peserta. 

Acara berakhir pada pukul 11.30 WIB dan ditutup oleh Pimpinan Rapat Bang Ahmad Khozinudin, SH dengan doa dan salam penutup kepada para pembicara dan seluruh peserta yang hadir. []

No comments