Headline

Tentang LBH Pelita Umat



LBH PELITA UMAT adalah sebuah lembaga bantuan hukum yang difokuskan untuk memberikan advokasi pada kasus yang terkait dengan Islam dan keumatan. PELITA adalah akronim dari Pembela Islam Terpercaya, sebuah visi besar yang didedikasikan untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi kemuliaan Islam dan kaum muslimin.

LBH PELITA UMAT didirikan dalam bentuk badan hukum Yayasan dihadapan Notaris HAZIRUDIN SH, MKN, dengan Akta No. 24 pada tanggal 24 Mei 2018, berkedudukan di Jakarta dan mendapatkan pengesahan dari Ditjen AHU Kemenkumham R.I. dengan Nomor : AHU-0007742.AH.01.04.Tahun 2018, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 05 Juni 2018.

LBH PELITA UMAT hadir dan bergerak ditengah-tengah umat, memikirkan persoalan umat dan memberikan pembelaan berdasarkan pertimbangan hukum syara’ dan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, semata-mata untuk menegakan izzul Islam wal muslimin.

LBH PELITA UMAT menghimpun para putra terbaik umat, para advokat dan sarjana hukum, untuk melebur dan bersatu, terlibat aktif dalam kerja-kerja advokasi dan pembelaan umum untuk merealisir misi melanjutkan kehidupan Islam menuju visi pembebasan. Pembebasan dari setiap penghambaan kepada makhluk, menuju menghamba hanya kepada Allah ta'ala semata.

LBH PELITA UMAT berkomitmen untuk meneguhkan diri membela para ulama, para habaib, para tokoh dan aktivis Islam, simbol dan ajaran Islam dari berbagai upaya makar jahat para kafir penjajah dan para anteknya, dengan menggunakan sarana hukum untuk mengkriminalisasi, mempersekusi, mengalienasi, mendiskriminasi, melakukan fitnah dan propaganda jahat terhadap ajaran Islam dan para pengembannya.

LBH PELITA UMAT lahir dan dibesarkan dari rahim umat, memberikan suluh dan pelita untuk menerangi kegelapan hukum ditengah-tengah umat, agar umat mengerti hak hukumnya dan tidak mendapat penzaliman dari pihak manapun -termasuk dari para penguasa- karena keterbatasan pengetahuan hukum dan akses terhadap pembelaan hukum.

LBH PELITA UMAT mengajak segenap kaum muslimin, untuk bersinergi dalam dakwah untuk menegakkan Islam kaffah, menuju ketaatan paripurna kepada dzat yang maha sempurna, melalui dakwah dengan pemikiran, dakwah tanpa kekerasan, dakwah sebagaimana dicontohkan Nabi ﷺ.

Akhirnya LBH PELITA UMAT menegaskan diri sebagai bagian dari umat, milik umat, dan berjuang hanya untuk umat. Dalam perjuangannya, LBH PELITA UMAT berpegang teguh pada nilai-nilai Islam, mentaati Allah ta'ala dan Rasul-Nya, serta mengutamakan kesatuan dan persatuan kaum muslimin.